Pendekatan sistem mempunyai arti yaitu suatu komputer yang berperan pokok dalam suatu metode.Tetapi suatu informasi juga bukan hanya dari komputer tetapi banyak informasi dari luar yang dipergunakan oleh seorang manajer dan seorang manajer dapat berbeda cara bagaimana mengumpulkan data tersebut.
B. Pembahasan
1. Pemahaman Dasar Pemecahan Masalah dan Pembuatan Keputusan.
Seorang manajer haruslah dapat memecahkan masalah dalam suatu organisasi atau perusahaan.Dan tujuan dari sistem informasi adalah membantu manajer dalam memecahkan masalah.
Keputusan mempunyai arti yaitu seleksi dari beberapa tindakan,jadi pembuatan keputusan adalah penyeleksian tindakan dalam suatu masalah yang di yakini oleh pembuat keputusan bahwa keputusan tersebut adalah jalan terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.
2. Tahapan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Pendekatan Sistem.
Pendekatan sistem atau DSS adalah pengidentifikasian dan pemisahan masalah diikuti dengan proses pemecahan yang sistematik.Dalam pemecahan masalah dengan menggunakan DSS memiliki suatu cara yaitu :
1. Melihat perusahaan sebagai sebuah sistem.
2. Memahami sistem lingkungan.
3. Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
4. Memproses dari tingkat sistem ke subsistem.
5. Menganalisis bagian sistem dalam urutan tertentu.
6. Mengidentifikasi pemecahan pengganti.
7. Mengevaluasi pemecahan pengganti.
8. Menetukan pemecahan yang terbaik.
9. Menerapkan pemecahan.
10. Tindak lanjut untuk memastikan bahwa pemecahan tersebut efektif.
3. Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah
Faktor manusia atau faktor dari seseorang manajer pun dapat mempengaruhi cara yang akan di ambil untuk pemecahan masalah,yaitu antara lain :
· Penangkapan Masalah,dibagi 3 kelompok :
o Penghindar masalah,manajer menganggap segala sesuatu berjalan dengan baik terus-menerus.
o Pemecah masalah,manajer tidak mencari masalah dan jika ada suatu masalah dia akan menyelesaikannya.
o Pencari masalah,adalah seorang manajer yang agresif.
· Pengumpulan informasi,dibagi 2 :
o Cara memerintah,manajer melakukan manajemen dengan pengecualian dan menampilkan segala sesuatu yang tidak sesuaidengan kriteria tertentu.
o Cara menerima,manajer ingin melihat segala sesuatu kemudian menentukan apakah ia berguna bagi dirinya sendiri atau orang lain dalam organisasi.
· Penggunaan informasi,dibagi 2 :
o Cara sistematik,manajer memberikan perhatian khusus untuk mengikuti metode pemecahan masalah yang telah ditentukan.
o Cara intuitif,manajer tidak menggunakan suatu metode tertentu,namun ia menyesuaikan pendekatan dengan situasi yang ada.
C. Kesimpulan
Setelah saya menyelesaikan tulisan ini saya dapat menyimpulkan bahwa,seorang manajer dalam menyelesaikan masalah haruslah dengan di dukung informasi-informasi yang di butuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.Dan semua manajer pun tidak sama dalam penyelesaian suatu masalah karena seorang manajer mempunyai karakter yang berbeda-beda.
D. Daftar pustaka
E.S.Margianti & D. Suryadi H.S. Sistem Informasi Manajemen.Penerbit Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar