Total Tayangan Halaman

Minggu, 18 Desember 2011

DATABASE

aplikasi database server



 PENDAHULUAN

Jika anda seorang programmer database, tentu sebuah aplikasi database server tidak bisa di pisahkan dari pekerjaan kita. Ya, database sebagai storage data kita sebagai backend, tentu memegang peranan yang sangat penting. Nama-nama yang terkenal di dunia database server tentu sudah anda tahu seperti Microsoft SQL Server, Oracle dan masih ada beberapa lagi yang dapat kita pilih hanya saja aplikasi-aplikasi itu harganya selangit. Tapi jika anda membuat program untuk pengelolaan suatu perusahaan dengan skala yang kecil, ada banyak pilihan yang dapat anda centang sebagai teman frontend anda.


 PEMBAHASAN

Menurut pengamatan saya, berikut aplikasi database server yang dapat kita pakai tanpa mengeluarkan uang sepeserpun:
1. PostgreSQL. Aplikasi database yang satu ini tidak perlu di ragukan lagi kemampuannya. Yang paling saya sukai dari PostgreSQL adalah sifatnya yang benar-benar free termasuk untuk keperluan komersial.
2. FirebirdSQL. Aplikasi database server yang satu ini juga dapat menjadi alternatif anda. Memang Firebird tidak setenar PostgreSQL tetapi kemampuannya tidak perlu di ragukan lagi.
3. MySQL. Tentu anda sudah mendengar aplikasi yang mempunyai lisensi bersifat GPL ini. Anda bebas menggunakan selama tidak di komersialkan.
4. Oracle XE. Oracle gratis? Saya pertama mendengar ini dari kakak saya. Hampir tidak percaya jika aplikasi yang namanya saja membuat saya ‘keder’ itu sekarang ada edisi yang free buat kita. Meskipun ada limitasi-nya seperti: Max storage 4GB(tapi ini sudah sangat memadai untuk perusahaan kecil), mendukung memori sampai 1 GB saja, dan tidak mendukung processor banyak inti (multi core). Tapi saya pikir hal ini tidak menjadi masalah jika skala penggunanya kecil. Nanti saya akan membahas Oracle XE ini lebih lanjut di artikel lain.
5. Microsoft SQL Server Express 2008. Sama dengan Oracle, raksasa yang satu ini tidak mau ketinggal untuk memberikan kita bonus kecil yang dapat kita gunakan secara gratis. SQL Server Express 2008 juga mempunyai limitasi storage sampai 4GB saja cuman menurut saya ini juga sudah ukuran yang sangat besar untuk bisnis skala kecil. Enaknya juga SQL Server Express 2008 bebas digunakan untuk penggunaan komersial. Sebetulnya Microsoft juga menyediakan SQL Server Compact Edition cuman menurut saya, aplikasi ini kurang memenuhi syarat karena tidak mendukung koneksi remote dan Stored Procedure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar